Featured Posts

Minggu, 07 Juli 2013

OPPORTUNIY ROBOT PENJELAJAH PERKASA BUATAN NASA

CALIFORNIA - Robot ciptaan badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang telah menghabiskan waktu 10 tahun ,Oppurtinity tercatat telah menempuh jarak 35 km. Dalam misi ekplorasi di Mars, Oppurtunity kabarnya telah meneliti batuan tertua dan menemukan bukti kuat keberadaan air di Mars.

Dilansir dari NBC news, Minggu (7 JUli 2013) roper Oppurtunity yang masih terkuat di palnet merah setelah misi nya berakhir , Robot ini kabarnya telah menempuh jarak 1,2 mil dari titik area yang diteleti selama 2 bulan terakhir di bawah kawasan Mars Endovour, menuju area lain dimana robot ini akan memulai frase dari penelitian.

Hari minggu ini menandakan peringatan peluncuran robot Opportunity yang ke - 10 . Robot peluncur ini berpenggerak dengan robot Spirit pada 2003, namun sayangnya Spirit mati di Mars tahun 2010.

Opportunity meluncur 2003 dan sampai di planet Merah Januari 2004. Awalnya kedua robot yang di kontrol oleh NASA di Bumi bisa beroperasi selama 3 bulan di Mars.

Akan tetapi di luar dugaan Oppurtunity bisa bergerak selama 1 dekade di Mars. Robot ini sebeleumnya beradadi bagian selatan Mars bernama Cope York yang sedang dalam perjalanan ke Slinder Point.

Perjelanan tersebut telah bergerak di pertengahan Mei dan sekarang lagi on the way selama enam pekan.

0 komentar:

Poskan Komentar