Featured Posts

Senin, 08 Juli 2013

ASTRONOM TEMUKAN MOLEKUL AIR DI PLANET ASING

CALIFORNIA - Astronom mengklain temukan molekul air di exoplanet. Exoplanet merupakan planet yang mengorbit bintang induknya di luar tata surya. 

Dilansir dari Astrobio, tim astrinom menggunakan Very Large Telescope milik ESO untuk mendeteksi tanda- tanda molekul air di atmosfer sebuah planet yang mengorbit bintang lain. 
 Penemuan ini mendukung tim astronom mencari air di luar angkasa tanpa  memerlukan teleskop yang berada ddi luar angkasa.

Sejak awal era 1990 - an ilmuan telah menemukan hampir 1000 planet yang mengorbit bintang pada tata surya. Exoplanet ini memiliki ukuran yang lebih besar dari bumi.

Sebagian dari planet asing memiliki jarak terdekat dengan induknya. Astronom menggambarkan exoplanet sebagai hot jupiter atau planet yang panas, karena jarak antar planet memiliki jarak yang dekat untuk kedua orbitnya.

Penelitian baru menganggap exoplanet sebagai penelitian baru dengan kode  HD 1839733b. Planet asing yang mengorbit induknya 2,2 hari dan memiliki suhu yang terpanas yang mencapai suhu 1000 derajat celcius.

 Astronom umumnya menemukan exoplanet dengan cara mengukur pengaruh gravitasi planet pada bintang. Gerakan yang dihasilkan dari gravitasi tersebut menyebkan pergeseran kecil di garis spektrum bintang (dikenal sebagai pergeseran Doppler).

Menggunakan teknik yang sama astronom menemukan molekul karbon dioksida di atmosfer planet asing. Tidak hanya itu ilmuan juga menggunakan teknik pertama dan menemukan molekul air (H20).

0 komentar:

Poskan Komentar