Featured Posts

Rabu, 01 Mei 2013

Te-uchi udon (Mi buatan sendiri)

Te-uchi udon (Mi buatan sendiri)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

・300 gram tepung terigu
・ ¾ gelas (150 ml) air hangat
・ 1 sendok makan (15 gram) garam
・ Tepung terigu untuk menaburi adonan
Kaldu untuk mi:
・6 gelas (1,2 liter) dashi (kaldu ala Jepang) (atau kaldu yang terbuat dari sayuran, ayam atau makanan laut)
・1 sendok teh (5 gram) garam
・1 sendok makan (15 ml) kecap asin
Bahan pelengkap (opsional)
・Wijen, parutan jahe, dan irisan halus daun bawang atau bawang sesuai selera
Te-uchi udon (Mi buatan sendiri) Te-uchi udon (Mi buatan sendiri) Te-uchi udon (Mi buatan sendiri)

Cara Memasak

  1. Larutkan garam dalam air hangat. Tempatkan tepung terigu di dalam mangkuk besar kemudian masukkan air garam tadi. Aduk, lalu dengan menggunakan tangan bentuk adonan menjadi bola. Pindahkan ke permukaan beralas kemudian uleni.
  2. Masukkan adonan ke dalam kantung plastik atau tutup mangkuknya, biarkan adonan mengembang selama sekitar 30 menit. Taburi alas untuk menguleni adonan dengan tepung terigu, lalu ratakan adonan menggunakan alat penggiling.
  3. Ratakan adonan hingga mencapai ketebalan kira-kira 3 milimeter. Setelah itu buat serangkaian lipatan dengan lebar kurang lebih 7 sentimeter. Taburi lagi adonan dengan terigu. Iris memanjang adonan berlipat-lipat tadi dengan lebar sekitar 3 milimeter. Pisahkan masing-masing potongan dan panjangkan dari lipatannya. Jangan lupa taburi masing-masing sisi potongan adonan tadi dengan terigu agar tidak saling melekat.
  4. Didihkan air dalam panci besar. Masak mi selama 8-10 menit. Tiriskan, bilas dengan air dingin dan tiriskan sekali lagi.
  5. Dalam panci lainnya, panaskan kaldu dashi bersama garam dan kecap asin. Masukkan mi yang telah ditiriskan tadi lalu panaskan. Tempatkan mi di dalam mangkuk, tambahkan kaldu secukupnya. Taburi bahan pelengkap dan sajikan.
Berbagai Cara Penyajian Mi Udon
Udon adalah mi yang terbuat dari tepung terigu. Udon adalah salah satu jenis mi yang paling populer di Jepang. Konon katanya, udon diperkenalkan dari Cina sekitar abad ke-8. Namun orang-orang di Jepang telah memakan mi yang terbuat dari terigu sekitar abad ke-15, dan setiap daerah mengembangkan mi khasnya tersendiri. Sanuki udon misalnya, yaitu mi udon yang agak kenyal berasal dari Provinsi Kagawa yang populer di seluruh Jepang.

Ada berbagai macam resep udon yang disesuaikan dengan selera masing-masing orang dan musimnya. Mi udon biasanya disajikan dalam kaldu dashi. Di atas mi bisa juga ditambahkan makanan lainnya, seperti tempura, daging yang dimasak dalam saus asin, telur dan lain sebagainya. Mi udon bisa juga disajikan dingin dengan terlebih dulu dibilas air dingin dan dimakan dengan dicelupkan ke dalam kaldu dashi dingin yang lebih pekat. Mi udon dingin biasa dimakan di musim panas. Sementara di musim dingin, mi udon biasanya dimasak dalam kaldu bersama makanan laut, daging dan sayuran.

0 komentar:

Poskan Komentar