Featured Posts

Sabtu, 04 Mei 2013

Sepuluh Masjid Terbesar di Dunia (Masjid Istiqlal Termasuk Gan!)

Bagi umat Islam, masjid merupakan tempat yang sangat penting dan adalah pusat kegiatan beribadah. Tak hanya salat, berbagai jenis kegiatan ibadah lain pun dilakukan di dalam masjid. Dan, dengan jumlah penganut yang sangat banyak, tentunya ada ratusan ribu masjid yang tersebar di dunia. 
 
Dari seluruh masjid yang ada di dunia, terdapat 10 bangunan masjid terbesar. Masjid-masjid tersebut pun mampu menampung banyak orang, bahkan mencapai ratusan ribu orang hingga jutaan. Tak hanya berkapasitas besar, masjid-masjid tersebut juga memiliki nilai historis tersendiri. Apa saja masjid-masjid itu? Berikut ini adalah daftarnya. 
 
1. Masjidil Haram
 
Masjid-al-Haram-Mecca-Saudi-Arabia.jpg
 
Masjid pertama tentu saja adalah Masjidil Haram. Masjid yang satu ini memiliki ukuran seluas kurang lebih 400 ribu meter persegi. Area masjid ini pun mampu menampung hingga 4 juta orang. Tak heran, karena setiap tahunnya masjid ini merupakan tujuan utama umat Islam yang ingin menunaikan ibadah haji. 
 
Berlokasi di kota Mekkah, Pemerintah Arab Saudi pun mempunyai usaha untuk terus meningkatkan kapasitasnya. Renovasi pertama dilakukan pada rentang 1955 hingga 1973. Sedangkan yang terakhir, atau yang keempat dimulai pada tahun 2007 dan menurut rencana diselesaikan pada tahun 2020. 
 
2. Masjid Nabawi
 
Al-Masjid-al-Nabawi.jpg
 
Masjid kedua terbesar di dunia masih merupakan masjid yang ada di Negara Arab Saudi, tepatnya di Madinah. Masjid tersebut adalah Masjid Nabawi yang merupakan masjid tertua kedua di dunia, tepatnya dibangun pada tahun 622 Masehi. Selain dijadikan tempat beribadah, di dalam masjid ini juga terdapat makam Nabi Muhammad, sahabat Umar bin Khattab dan Abu Bakar. Luas masjid ini sebesar 400.500 meter persegi. Masjid nabawi ini mampu menampung hingga satu juta jemaah. 
 
3. Masjid Imam Reza
 
Iran mempunyai masjid terbesar ketiga di dunia. masjid tersebut adalah Masjid Imam Reza yang berlokasi di Mashhad. Dari segi ukuran bangunan, masjid ini memang yang paling besar, bahkan dibandingkan dengan Masjidil Haram sekalipun. Masjid Imam Reza mempunyai luas sebesar 598.657 meter persegi. 
 
RezaShrine.jpg
 
Namun, dari segi kapasitas, masjid ini kalah dibandingkan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Masjid yang di dalamnya terdapat makam Imam Reza ini mampu menampung hingga 700 ribu orang.
 
Masjid Imam Reza terdiri dari beberapa bangunan yang dibangun dalam satu kompleks. Di dalam kompleks tersebut terdapat museum, masjid, makam, universitas dan lain-lain. Jadi, tak mengherankan jika Masjid Imam Reza ini adalah masjid dengan bangunan terbesar di dunia. 
 
4. Masjid Faisal
 
Faisal_mosque2.jpg
 
Berikutnya adalah sebuah masjid terbesar yang ada di Islamabad, Pakistan. Masjid ini mempu menampung hingga 300 ribu orang. Namun, sumber lain juga mengatakan bahwa kapasitas masjid ini 'hanya' 74 ribu orang. 
 
5. Masjid Taj-ul
 
2100914-Tal_ul_Masjid_Bhopal.jpeg
 
India yang notabene adalah tetangga dari Pakistan tak mau ketinggalan dalam memiliki masjid terbesar di dunia. Masjid tersebut adalah Masjid Taj-ul. Masjid ini mampu menampung hingga 175 ribu orang dengan luas bangunan sebesar 400 ribu meter persegi. 
 
Masjid ini memiliki bangunan yang sangat megah. Tak mengherankan jika dalam proses pembangunannya, terdapat kesulitan untuk mengumpulkan dana. Akibatnya, masjid yang awalnya dibangun pada tahun 1844 ini bisa dirampungkan pada tahun 1985, hampir satu abad.  
 
6. Masjid Istiqlal
 
Istiqlal-Mosque.jpg
 
Nah, di sini Indonesia bisa berbangga dengan Masjid Istiqlalnya. Masjid kebanggan tanah air ini mampu menampung hingga 120 ribu orang. Berlokasi di Jakarta, masjid ini didirikan pada tahun 1978 dengan luas bangunan sebesar 95 meter persegi. 
 
7. Masjid Hassan II
 
The-Hassan-II-Mosque.jpg
 
Peringkat ketujuh ditempati oleh Masjid Hasan II yang berada di Casablanca, Marokok. Masjid yang mempunyai kapasitas maksimum hingga 105 ribu orang ini terkenal karena menaranya yang menjulang setinggi 210 meter. 
 
8. Masjid Badshahi
 
Badshahi-Mosque-Lahore-Pakistan.jpg
 
Lagi-lagi masjid yang ada di Pakistan, yani Masjid Badshahi. Di dalamnya, masjid ini mampu menampung hingga 100 ribu orang, di mana 5 ribu orang di ruang utama dan 95 ribu lainnya di halaman lain. Masjid Badshahi ini juga termasuk dalam daftar World Heritage Unesco. 
 
9. Masjid Jama
 
800px-Jama_Masjid%2C_Delhi.jpg
 
Masjid yang kesembilan adalah Masjid Jama dengan kapasitas sebanyak 85 ribu orang. Berada di Old Delhi, India, masjid ini didirikan pada tahun 1650 dan selesai pada tahun 1656. 
 
10 Masjid Saleh
 
800px-Saleh_mosque.jpg
 
Masjid terakhir dalam daftar 10 masjid terbesar di dunia adalah Masjid Saleh yang berlokasi di Sana'a, Yaman. Masjid ini didirikan untuk menghormati presiden Yaman, yakni Ali Abdulla Saleh dan berkapasitas 44 ribu orang.  
 
Sumber: Wikipedia

0 komentar:

Poskan Komentar