Featured Posts

Rabu, 01 Mei 2013

Satsuma-age

Satsuma-age

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

・200 gram daging ikan putih
・1 gram (1/6 sdt) garam
・1 sdm tepung kentang
・1 ruas jahe (kira-kira 2-3 cm)
・Kecap asin
・Minyak sayur untuk menggoreng

Satsuma-age Satsuma-age Satsuma-age

Cara Memasak

  1. Buang kulit dan tulang ikan. Cencang halus daging ikan. Baringkan pisau di atas cencangan daging ikan lalu tekan dengan telapak tangan untuk menghaluskan ikan. Kemudian angkat pisau dan cencang lagi daging ikannya sampai bertekstur seperti pasta.
  2. Tempatkan daging ikan yang telah dihaluskan pada sebuah mangkuk, tambahkan garam. Aduk rata menggunakan spatula hingga memantul.
  3. Tambahkan tepung kentang, aduk rata. Bagi menjadi 8 bagian, bentuk masing-masing bagiannya berbentuk pipih oval dengan tebal sekitar 8 milimeter.
  4. Panaskan minyak sayur dalam penggorengan atau wajan yang cukup besar dengan suhu 160ºC. Goreng kepingan daging ikan sekitar 4 menit hingga kuning kecoklatan. Angkat lalu tiriskan.
  5. Kupas jahe kemudian diparut. Hidangkan satsuma-age bersama sedikit kecap asin dan parutan jahe.
Nerimono, Makanan dari Daging Ikan yang Dihaluskan
Di Jepang, ada berbagai macam makanan yang dibuat dari daging ikan yang dihaluskan hingga bertekstur seperti pasta. Semua makanan ini disebut nerimono atau makanan dari ikan yang dihaluskan. Contohnya antara lain chikuwa (secara harfiah artinya lingkaran bambu) yaitu kukusan daging ikan yang dihaluskan yang dibentuk seperti tabung yang berlubang di tengahnya; kamaboko atau kukusan daging ikan yang dihaluskan dengan bentuk setengah silinder; serta hanpen atau kepingan kotak seperti tahu terbuat dari daging ikan yang dihaluskan, putih telur, talas dan bahan lainnya.

Berlimpahnya pasokan ikan di Jepang membuat ikan sejak lama dikonsumsi dalam berbagai cara. Sisa ikan ataupun ikan yang terlalu kecil dan tidak cocok dimakan mentah dapat dihaluskan menjadi berbagai macam makanan nerimono yang bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari. Jenis makanan itu bisa dimakan begitu saja atau ditambahkan ke dalam sup. Makanan ini bisa menambah rasa pada masakan ketika dimasak dengan sayuran. Makanan yang dibuat dari daging ikan yang dihaluskan juga sehat karena ikan mengandung sumber protein dan kalsium yang cukup baik.

0 komentar:

Poskan Komentar