Featured Posts

Rabu, 01 Mei 2013

Roll Kyabetsu (Kol Isi)

Roll Kyabetsu (Kol Isi)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

・1 buah kol
・300 gram daging ayam cincang
・½ (100 gram) bawang bombay
・3 sdm tepung roti
・3 sdm susu atau air
・ ½ sdt garam
・Merica sebagai penyedap
・1 sdm tepung terigu

(Sup)
・1 kubus kaldu
・5 gelas (1 liter) air
・Garam dan merica sebagai penyedap
Roll Kyabetsu (Kol Isi) Roll Kyabetsu (Kol Isi) Roll Kyabetsu (Kol Isi)

Cara Memasak

  1. Potong bagian pangkal kol.
  2. Didihkan air di dalam panci besar untuk merebus kol. Masukkan kol dengan bagian pangkal di bawah hingga terendam di dalam air mendidih. Rebus selama sekitar 2 menit lalu balikkan dan rebus lagi sebentar. Dengan merebusnya, daun bagian luar akan menjadi lunak hingga mudah dilepas. Angkat dan lepaskan helaian satu persatu lalu tiriskan daun kol pada saringan atau wadah berlubang. Biarkan dingin. Gunakan pisau untuk membuang bagian yang keras dari dasar kol.
  3. Cencang halus bawang bombay. Campurkan tepung roti bersama susu.
  4. Tempatkan daging cincang di dalam mangkuk, bumbui dengan garam dan merica. Aduk rata menggunakan tangan, tambahkan cencangan bawang, tepung roti yang telah dicampur susu dan tepung terigu. Bagi menjadi 8 potongan adonan.
  5. Satu persatu, bentangkan daun kol yang lebar di atas talenan lalu lapisi dengan daun kol yang lebih kecil di atasnya. Tempatkan satu adonan isi di atas daun yang lebih kecil tadi lalu bungkus mulai dari bagian bawah daun dan lipat masing-masing sisinya. Gulung kol isi tadi dengan daun yang lebih besar, lipat masing-masing sisinya. Gulung sampai bagian ujung.
  6. Letakkan kol isi di bagian dasar panci yang cukup besar. Masukkan lima gelas air, tambahkan kubus kaldu, didihkan di atas api sedang. Setelah mendidih, kecilkan api. Tutup panci lalu biarkan masak selama 30 menit. Kalau daunnya sudah lunak, bumbui dengan garam dan merica. Sajikan.
Kol Isi yang Menjadi Bagian Masakan Jepang
Kol isi merupakan masakan dari negara lain yang diperkenalkan di Jepang lebih dari satu abad lalu. Makanan ini kini menjadi masakan keluarga standar di Jepang. Kol isi menjadi tambahan populer untuk masakan nabe yang dimakan hangat di musim dingin. Makanan ini juga cocok disajikan dengan bahan-bahan lain dalam Oden. Akhir-akhir ini masakan nabe dengan sup yang unik menjadi terkenal, misalnya masakan nabe dengan sup berbasis tomat yang cocok dengan kol isi. Makanan ini menjadi populer di kalangan wanita beberapa tahun belakangan ini.

0 komentar:

Poskan Komentar