Featured Posts

Rabu, 01 Mei 2013

Poteto korokke (Kroket Kentang)

Poteto korokke (Kroket Kentang)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

・3-4 kentang (kira-kira 500 gram)
・½ bawang bombay (kira-kira 120 gram)
・1 sendok teh minyak sayur untuk menggoreng bawang bombay (5 mililiter)
・Garam dan merica untuk perasa
・Minyak sayur untuk menggoreng kroket kentang

Untuk melapisi kulitnya

・Tepung terigu secukupnya
・1 butir telur
・1 sendok makan air (15 mililiter)
・Kira-kira 1 gelas tepung panir
Poteto korokke (Kroket Kentang) Poteto korokke (Kroket Kentang) Poteto korokke (Kroket Kentang)

Cara Memasak

  1. Kupas dan potong-potong kentang berbentuk dadu berukuran 3 sentimeter. Kemudian rebus di atas api kecil selama 15-20 menit sampai empuk.
  2. Cincang halus bawang bombay lalu goreng dengan 1 sendok teh minyak sampai sedikit berubah warna. Bumbui dengan garam dan merica.
  3. Tiriskan kentang dan haluskan di dalam mangkuk. Beri garam dan merica, lalu masukkan bawang bombay yang sudah digoreng tadi. Aduk rata.
  4. Bagi adonan menjadi 8 porsi selagi masih agak panas. Masing-masing bagian adonan lalu dibentuk lonjong pipih dengan ketebalan kira-kira 1 sentimeter. Lumurkan pada tepung terigu, telur kocok yang telah ditambah air kemudian tepung panir.
  5. Panaskan minyak hingga kira-kira 175°Celsius dan goreng selama sekitar 1 menit.
Kroket yang membantu mengangkat perkembangan daerah
Kota Ryugasaki, Provinsi Ibaraki, telah menjadikan kroket sebagai makanan khas setempat dengan tujuan menarik lebih banyak pengunjung ke sana. Sekitar sepuluh tahun lalu, kira-kira 20 restoran dan toko daging setempat membentuk Klub Kroket. Toko-toko yang berpartisipasi itu menjajakan berbagai macam kroket orisinil, termasuk yang menggunakan kacang, apel dan tahu yang dibudidayakan masyarakat setempat, serta kroket rasa kari.

Klub Kroket juga menyediakan peta bagi para pengunjung. Peta itu memperlihatkan seluruh usaha yang ikut berpartisipasi. Klub ini juga menggelar Kontes Kroket bagi pelajar SMA dan masyarakat lainnya yang menampilkan jenis kroket baru yang berbeda.

0 komentar:

Poskan Komentar