Featured Posts

Jumat, 03 Mei 2013

Masakan Meksiko: Spinach Empanadas

Spinach Empanadas
Meksiko sangatlah terkenal dengan dengan masakannya yang penuh dengan warna-warni dan rasanya yang pedas. Spinach Empanadas adalah masakan vegetarian ala Meksiko. Masakan vegetarian yang akan membuat kita menjadi gemuk :) . Spinach Empanadas ini terbuat dari adonan yang diisi dengan daun bayam dan wortel kemudian dimakan bersama saus, tentunya dengan saus ala Meksiko yang bernama saus salsa tomat. Bentuknya hampir mirip seperti jajanan Pastel ala Indonesia loo. Anda ingin tahu bagaimana cara membuat Spinach Empanadas ala Meksiko ini?
Berikut resep masakan Meksiko Spinach Empanadas:
Bahan:
400 gram terigu serbaguna/protein sedang
50 gram mentega
50 gram keju krim (cream cheese)
150 gram mentega, bekukan dalam lemari es
1/2 sdt garam
1 sdm air, jika perlu
Bahan Isian:
4 sdm minyak goreng
3 siung bawang putih, memarkan, cincang
100 gram bawang bombai, cincang
50 gram wortel kupas, cincang
300 gram daun bayam, rebus hingga empuk, tiriskan
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdr pala bubuk
1 sdt garam
Bahan Salsa Tomat:
150 gram tomat merah, cincang kasar
2 sdm bawang bombai cincang
2 buah cabai rawit merah, potong tipis
1 sdm ketumbar cincang
1 sdm air jeruk nipis/lemon
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, mentega, keju krim, mentega beku, dan garam, aduk dengan pisau pas try (pastry cutter) atau ujung jari tangan hingga menjadi adonan remah. Tambahkan air, uleni hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Bungkus dengan plastik, simpan dalam lemari es.
2. Salsa Tomat: Campur semua bahan hingga rata.
3. Isian: Panaskan wajan di atas api sedang, tuang i minyak goreng. Tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan bawang bombai dan wortel, tumis hingga layu. Masukkan bayam, merica bubuk, pala bubuk, dan garam, aduk hingga rata. Angkat.
4. Bagi adonan tepung menjadi 12 bagian, bulatkan. Bagi isian menjadi 12 bagian.
5. Gilas 1 bulatan adonan hingga setebal 5 mm. Ratakan 1 bagian isi di atas separuh adonan pipih. Lipat separuh adonan yang lain menutupi isi hingga membentuk 1/2 lingkaran. Tekan-tekan pinggirannya dengan garpu.
6. Panaskan oven pada suhu 1800C. Atur empanadas di atas loyang datar, panggang dalam oven selama kurang lebih 40 menit hingga matang dan kecokelatan. Angkat, sajikan panas dengan salsa tomat.
Catatan: Resep Spinach Empanadas ini hanya untuk 4 porsi
Bagaiaman menurut anda rasa dari masakan Meksiko Spinach Empanadas ini? Spinach Empanadas ini termasuk menu sehat yang rendah akan kolestrol, jadi anda tidak perlu kawatir ketika anda mengkonsumsi dengan porsi yang banyak:). Apakah anda tertarik dengan masakan Meksiko lainnya? Coba saja dengan masakan Meksiko berikut ini: San Quentin Salmon, Mexican Chicken, atau D’Killer.

0 komentar:

Poskan Komentar