Featured Posts

Rabu, 01 Mei 2013

Makizushi (Sushi Gulung)

Makizushi (Sushi Gulung)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Sushimeshi (nasi cuka) untuk 2 gulung (450 gram)
・ 250 ml beras
・ 275 ml air
Bumbu untuk nasi:
・ 2 sendok makan (30 ml) cuka beras
・ 1½ sendok makan gula
・ ¾ sendok teh (3 gram) garam

Tamagoyaki atau telur dadar ala Jepang
・2 butir telur (berat 120 gram)
Bumbu:
1 sendok makan (9 gram) gula
1 sendok teh (5 ml) kecap asin
Sedikit garam
1 sendok makan (15 ml) air
・1 sendok teh minyak sayur

Jamur Shiitake Rebus
・ 9 jamur shiitake kering ukuran kecil (berat total 15 gram)
・ 1 gelas (200 ml) air
Bumbu:
1 sendok makan (9 gram) gula    
1 sendok makan (15 ml) kecap asin

Udang Rebus
・6 ekor udang (berat masing-masing sekitar 16 gram, tanpa kepala, tapi masih dengan cangkang; atau bisa pula menggunakan 4 ekor udang ukuran besar)
・1 gelas air
・1 sendok teh (4 gram) garam

Mentimun
・ ½ mentimun kecil (berat 50 gram)
・ Sedikit garam

Siapkan juga 2 lembar rumput laut nori.
Makizushi (Sushi Gulung) Makizushi (Sushi Gulung) Makizushi (Sushi Gulung)

Cara Memasak

  1. Cuci beras, ganti airnya sebanyak 2-3 kali; tiriskan pada saringan atau wadah berlubang.
  2. Rendam beras dalam air selama 30 menit.
  3. Masukkan beras ke dalam panci bertutup dan biarkan mendidih dengan api sedang. Kecilkan api dan masak selama 12 menit. Angkat panci dari kompor, tetapi biarkan panci dalam keadaan tertutup selama 10 menit.
  4. Campurkan bumbu untuk nasi. Hangatkan bahan campuran tadi, jika gulanya tidak bisa larut.
  5. Tempatkan nasi yang matang dalam mangkuk besar dan segera aduk dengan cuka yang telah dibumbui.
  6. Untuk membuat Tamagoyaki, pecahkan telur ke dalam mangkuk lalu tambahkan bumbu. Panaskan minyak sayur pada penggorengan kecil di atas api sedang. Masukkan kocokan telur dan gerak-gerakkan penggorengan agar lapisan telur merata hingga setengah matang; lipat telur dadar tadi ke salah satu sisi penggorengan dan masak hingga matang di atas api kecil. Angkat lalu potong-potong dengan tebal 1 cm.
  7. Rendam jamur shiitake dalam air hingga mengembang. Buang bagian pangkalnya dan rebus dengan segelas air pada panci bertutup selama 10 menit di atas api kecil. Tambahkan bumbu. Kurangi air hingga berubah menjadi cairan yang mengental. Biarkan jamur hingga dingin di dalam cairan bumbu. Peras jamur untuk mengeluarkan kelebihan kandungan airnya lalu iris tipis.
  8. Bersihkan bagian punggung udang lalu masukkan tusukan bambu (atau tusuk gigi) di sepanjang tubuh udang. Rebus di atas api kecil pada panci bertutup selama 2-3 menit, dengan segelas air yang telah diberi 1 sendok teh garam. Biarkan udang dingin pada air rebusan. Keluarkan tusukannya lalu kuliti udang.
  9. Potong mentimun secara memanjang dengan ketebalan 1 sentimeter; taburi garam lalu tiriskan untuk mengeluarkan kandungan air yang berlebih.
  10. Bagi nasi yang telah diberi cuka menjadi dua bagian. Letakkan selembar nori di atas makisu (alas bambu kecil untuk membuat sushi gulung). Ratakan satu bagian nasi di atas lembaran nori, tapi kosongkan 4 cm dari bagian ujung bawahnya.
  11. Letakkan bahan-bahan isi di sepanjang bagian tengah nasi. Angkat bagian ujung atas makisu dan sambil jari-jari tangan menahan bahan isi, satukan dengan ujung nasi lainnya. Bentuklah menjadi gulungan yang relatif padat. Sempurnakan dengan menggulungnya pada sisa 4 cm lembaran nori, yang nantinya akan jatuh di bagian bawah gulungan. Potong-potong dengan ketebalan 2,5 cm.

Teriyaki Ayam Gulung

Teriyaki Ayam Gulung

Bahan (Untuk 4 Porsi)

Bahan-bahan untuk membuat 2 gulung
・450 gram sushimeshi (nasi yang diberi cuka)

・100 gram ayam
Sedikit garam (½ gram)
Sedikit merica                  
Bumbu:
1 sendok makan air    
1⅓ sendok makan (12 gram) gula
1 sendok makan (15 ml) kecap asin
・ Sekitar ½  sendok teh minyak sayur

・¼ alpukat
・½ mentimun
・2 sendok teh wijen putih
・½ sendok teh kecap asin

Sediakan juga 2 bungkus plastik (plastic wrap) ukuran  25 x 25 cm.


Cara Memasak

  1. Lebarkan ayam dan potong dengan tebal sekitar 1 cm; bumbui dengan garam dan merica. Panaskan minyak sayur pada penggorengan dan goreng ayam di atas api sedang hingga kuning kecoklatan. Balikkan, lalu tutup penggorengan. Goreng selama 3-4 menit di atas api kecil. Setelah matang, angkat ayam dari penggorengan.
  2. Masukkan bumbu ke dalam penggorengan, masak dengan api sedang hingga airnya mengental. Masukkan kembali ayam ke dalam penggorengan dan masak hingga seluruh dagingnya terlapisi oleh saus. Angkat lalu potong-potong kecil ukuran 1 cm.
  3. Potong alpukat menjadi batangan dengan lebar 1 cm kemudian sirami dengan ½ sendok teh kecap asin. Iris mentimun berbentuk batangan halus, taburi dengan garam dan tiriskan untuk mengurangi kandungan air yang berlebih.
  4. Bagi nasi menjadi dua bagian. Bentangkan lap lalu lapisi dengan plastik. Lebarkan dan ratakan nasi pada masing-masing lembaran plastik sehingga nasinya membentuk persegi panjang berukuran 20 x 16 cm. Taruh potongan ayam, alpukat dan mentimun di sepanjang bagian tengah nasi. Angkat ujung atas plastik dan gulung ke ujung bagian bawah nasi. Pastikan gulungan nasi benar-benar padat. Buka bungkus plastiknya lalu gulirkan gulungan nasi pada wijen putih. Kemudian bungkus plastik lagi dan potong-potong dengan lebar 2,5 cm.
Sushi Gulung dalam Berbagai Macam dan Ukuran
Sushi gulung yang tebal (futomaki) biasanya terdiri dari berbagai macam bahan isi; sementara sushi gulung yang lebih tipis (hosomaki) dibuat dengan hanya menggunakan satu atau dua bahan. Gulungan yang lebih tebal biasanya dilapisi telur dadar dan bukan nori. Bahan isinya juga akan diatur sedemikian rupa, sehingga bila gulungan nasinya dipotong akan membentuk pola tertentu, misalnya bunga.
Gulungan yang lebih tipis terdiri dari bahan isi yang lebih sederhana misalnya tuna, mentimun, natto (kacang kedelai yang difermentasi) atau umeboshi (acar buah plum) dsb. dan seringkali dicelup dan dimakan bersama kecap asin.
Restoran-restoran sushi di luar Jepang seringkali menciptakan berbagai macam sushi gulung yang eksotik, misalnya yang berisi tuna mentah, alpukat dan mayonnaise, yang juga populer di Jepang.

0 komentar:

Poskan Komentar