Featured Posts

Sabtu, 04 Mei 2013

Kunjungan ke Masjid Nabawi

nb.01 Kunjungan ke Masjid Nabawi
Masjid Nabawi di Madinah Al munawarah (dok. Pribadi)
nb.01a Kunjungan ke Masjid Nabawi
Raudhah… tempat dimana segala do’a di Ijabah Allah (dok. Pribadi)
Dalam sejarah diceritakan, ketika Rasul melakukan hijrah, dari Mekah ke Madinah, pada waktu memasuki kota Madinah, onta beliau mengakhiri perjalanannya di kebun kurma milik yatim bersaudara Sahl dan Suhail bin Amr. Lalu Rasul mendirikan Mesjid di tempat perhentian onta beliau itu,  inilah Mesjid kedua yang dibangun Rasul dalam sejarah Islam, setelah mesjid yang pertama mesjid Quba.
Konstruksinya, sangat sederhana, beratap daun kurma, dengan luas 50×50 m dengan dinding terdiri dari batu bata dan tanah setinggi 3,5 m. sedangkan lantainya, berlantai tanah dengan beberapa bagian dari atapnya dibiarkan terbuka.
Mesjid inilah kelak yang dikenal sebagai Mesjid Nabawi. Saya bersyukur dapat mengunjungi Mesjid Nabawi, pada pertengahan April lalu. Kesan pertama yang saya liat, sisa-sisa dari apa yang disebutkan dalam sejarah itu, sama sekali tidak berbekas. Bangunan awal Mesjid yang tadinya 50×50 M kini sudah menjadi luas 10 hektar pada lantai dasarnya serta 6,7 hektar pada lantai dua. Belum ditambah dengan halaman Mesjid yang berfungsi juga sebagai tempat sholat. Mesjid yang berada pada +597 dari permukaan laut memiliki 10 menara setinggi 105 meter (setara setinggi bangunan 30 lantai)
Nb.02a Kunjungan ke Masjid Nabawi
suasana sholat Jum’at di halaman Masiid Nabawi (dok.Pribadi)
Arsitektur yang ditampilkan pada Mesjid Nabawi luar biasa indah sekaligus Mewah, ribuan tiang Mesjid yang berada di dalam bangunan Mesjid seluruhnya memiliki AC, ditambah ribuan kipas angin ukuran jumbo, pada tiang-tiang dalam Mesjid pada sisi atas seluruhnya berselaput emas, seluruh pernik hiasan pada pintu yang demikian besar dan tinggi dengan jumlah 95 pintu berselaput emas ditambah pada pernik lampu disisi atas tiang payung pada halaman Mesjid yang berjumlah ratusan, seluruhnya berselaput emas. Belum lagi luas lantai bawah seluas 10 hektar dan lantai atas 6,7 hektar seluruhnya ditutupi dengan granit, sehingga sepanas apapun sinar matahari yang mengenai lantai tetap terasa dingin. Sehingga seorang teman, secara berkelakar menyatakan bahwa mesjid ini dibangun tidak menggunakan rencana anggaran biaya, artinya, ketika biaya kurang, tinggal minta tambah lagi.
nb.03 Kunjungan ke Masjid Nabawi
suasana tengah malam didalam Mesjid Nabawi, perhatikan pada setiap tiang, pada sisi bawah ada AC dan pada sisi atas, dibalut emas murni (dok. Pribadi)
 Keutamaan Mesjid Nabawi.
Mesjid Nabawi memiliki keutamaan yang tidak memiliki oleh mesjid-mesjid lain, diantara keutamaan itu antara lain:
·         Sholat di Mesjid memiliki nilai pahala seribu kali lebih besar dibandingkan dengan mesjid lain, kecuali Mesjidil Haram Mekah, hal ini sesuai dengan hadist“Satu kali salat di masjidku ini, lebih besar pahalanya dari seribu kali salat di masjid yang lain, kecuali di Masjidil Haram. Dan satu kali salat di Masjidil Haram lebih utama dari seratus ribu kali salat di masjid lainnya.” ( HR Ahmad)
·         Jika melakukan sholat Fardhu selama 40 kali tanpa putus, maka akan terbebas dari api Neraka, sebagaimana hadist“Barangsiapa melakukan salat di mesjidku sebanyak empat puluh kali tanpa luput satu kali salat pun juga, maka akan dicatat kebebasannya dari neraka kebebasan dari siksa dan terhindarlah ia dari kemunafikan. (HR Ahmad dan Thabrani dengan sanad sah).
·         Oleh karena dua hal diatas, maka setiap dilakukan ibadah haji dan umrah, maka selalu melakukan shalat di Mesjid, untuk ibadah haji disebut arbain, yakni melakukan sholat wajib sebanyak 40 shalat wajib tanpa putus dan umrah selama 4-5 hari, tentunya jumlahnya tidak mencukup 40 waktu sholat wajib.
Di Mesjid Nabawi juga, kita akan temui makam Rasulullah SAW, Abu Bakar sidiq dan Umar bin khatab Di dalam Mesjid ada suatu tempat yang disebut Raudhah, ditempat ini, diyakini sebagai tempat dimana seluruh do’a dikabulkan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan Bukhari.
Semoga seluruh kita, diberi  kesempatan Allah untuk mengnjungi Masjid nabawi …..InsyaAllah
nb.04 Kunjungan ke Masjid Nabawi
pada setiap tiang payung di halaman Masjid Nabawi, diselaputi emas murni (dok. Pribadi)


0 komentar:

Poskan Komentar