Featured Posts

Rabu, 01 Mei 2013

Kanitama-don

Kanitama-don

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

・6 butir telur
・3 jamur shiitake kering
・½ daun bawang
・110 gram daging kepiting kalengan
・Sedikit kacang polong rebus
・Garam dan merica sebagai penyedap
・Minyak sayur untuk menggoreng
・4 porsi nasi (sekitar 600 gram)

Saus asam manis
・1½ gelas (300 ml) air
・3 sendok makan kecap asin
・3 sendok makan gula
・3 sendok makan cuka
・Merica untuk penyedap

・2½ sendok makan tepung jagung & 5 sendok makan air untuk mengentalkan saus
Kanitama-don Kanitama-don Kanitama-don

Cara Memasak

  1. Rendam jamur kering di dalam air lalu iris tipis memanjang. Potong daun bawang dengan panjang 4 cm lalu iris tipis. Buang tulang rawan pada daging kepiting.
  2. Panaskan dua sendok teh minyak sayur di penggorengan. Tumis daun bawang lalu tambahkan jamur. Bumbui dengan garam dan merica. Angkat dari penggorengan.
  3. Pecahkan telur di dalam mangkuk, kocok menggunakan sumpit atau pengocok telur. Bumbui dengan garam dan merica. Bagi menjadi empat bagian yang sama untuk membuat 4 dadar. Masukkan tumisan daun bawang dan jamur, daging kepiting dan air kepiting.
  4. Panaskan penggorengan di atas api sedang, tambahkan 2 sendok teh minyak goreng. Masak masing-masing dadar. Aduk adonannya hingga setengah matang. Pegang piring di atas penggorengan untuk membalikkan dadar dan gelongsorkan kembali ke penggorengan untuk mematangkan sisi lainnya.
  5. Hangatkan bahan-bahan untuk saus di dalam panci. Aduk tepung jagung dengan air lalu tambahkan saus dan panaskan hingga saus mengental.
  6. Letakkan masing-masing dadar di atas semangkuk nasi. Tuang sedikit saus di atas dadar lalu beri sedikit kacang polong.
Masakan Jepang yang Terinspirasi Masakan Cina
Kanitama-don adalah masakan ala Cina yang diciptakan di Jepang. Ada banyak masakan Cina lainnya yang dibuat atau dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan selera orang Jepang. Ramen dianggap makanan rakyat. Nama ramen berasal dari kata bahasa Cina, lamian, yang merujuk pada mi yang direnggangkan dengan tangan. Mi ini diperkenalkan di Jepang lebih dari 100 tahun lalu, pada zaman Meiji, oleh komunitas besar Cina yang tinggal di Pelabuhan Yokohama, Nagasaki dan pelabuhan lainnya di berbagai wilayah Jepang. Ramen pada akhirnya disajikan sesuai selera orang Jepang, seperti disajikan dengan sup kecap asin atau sup miso. Masakan yang berasal dari Cina yang juga dikenal luas adalah Gyōza, pangsit kecil isi daging. Di Cina pangsitnya direbus, sementara di Jepang pangsitnya digoreng. Dan pangsit Jepang diberi tambahan bawang putih.

0 komentar:

Poskan Komentar