Featured Posts

Rabu, 22 Mei 2013

Home About Kontak Arsip Motivasi Tips Menulis Blogger Tamu Platform Ngeblog Terbaik untuk Mendapatkan Uang: WordPress atau Blogspot?

Puluhan kali saya ditanya oleh pembaca Blogodolar mengenai platform ngeblog (blogging platform) yang terbaik untuk mendapatkan uang dari Internet. Apakah WordPress atau Blogspot? Jawaban saya terhadap pertanyaan yang biasanya diajukan oleh para pemula itu adalah tetap sama, yaitu WordPress self-hosted. Mengapa?
Berikut adalah argumentasi saya.
1. WordPress Mudah digunakan
Seperti diketahui, WordPress terdiri dari dua jenis yaitu WordPress yang dihosting sendiri (self-hosted) dan WordPress gratisan (WordPress.com). Pengguna WordPress.com dilarang memonitasi blognya (misalnya menaruh link afiliasi), di sisi lain pengguna WordPress self-hosted bebas memonetisasi blognya.
Terlepas dari itu, keduanya sama-sama mudah digunakan. Ini saya alami ketika saya baru memulai ngeblog pada pertengahan 2008 lalu. Saya waktu itu ngeblog menggunakan WordPress.com dan dalam waktu kurang dari satu hari blog saya sudah jadi (hermanyudiono.wordpress.com) karena fitur-fiturnya tersedia tanpa perlu penguasaan CSS dan HTML.
Tiga bulan kemudian saya mencoba Blogspot. Blog personal saya di platform tersebut tidak jadi-jadi karena saya bingung menggunakannya. Faktornya adalah keterbatasan saya dalam hal CSS dan HTML waktu itu.
2. Milik Sendiri
Bila blog Anda mengunakan WordPress self-hosted, blog tersebut adalah milik Anda sendiri. Anda bebas mengeksplorasinya sesuai bisnis yang Anda jalankan (toko online, blog, portal berita, dan sebagainya).
Sekalipun Anda di-suspend oleh penyedia hosting karena suatu hal, yang Anda lakukan adalah mengunduh database dan file-file tertentu blog tersebut lalu memindahkannya ke penyedia hosting lain (dalam atau luar negeri) yang sesuai dengan kebutuhan blog Anda.
Lain halnya jika Anda ngeblog menggunakan Blogspot. Blog tersebut bukan milik Anda sendiri karena Anda menumpang kepada platform ngeblog milik Google tersebut. Sekali Anda melanggar TOS Blogspot, blog Anda akan dihapus.
Contoh kasus terjadi dua hari lalu, menimpa salah satu kawan saya. Blognya yang menghasilkan rata-rata 1 juta sebulan dari program PPC KlikSaya dihapus oleh pengelola Blogspot.
3. Laris Manis Dijual
Blog WordPress self-hosted laku keras jika dijual. Mengapa? Terlepas dari faktor penghasilan, WordPress adalah platform yang paling banyak digunakan oleh blogger atau webmaster. Jika mereka membeli blog WordPress, mereka akan mudah mengelolanya.
Tidak percaya? Silakan Anda kunjungi Flippa dan lihat blog-blog yang laku di sana. Hampir semuanya blog WordPress!

Kesimpulan

Jika Anda ingin mendapatkan uang dari internet, Anda bisa menggunakan Blogspot. Namun, jika Anda ingin mendapat BANYAK uang dari internet, saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan WordPress self-hosted.
Bagaimana menurut Anda? Silakan menginformasikannya pada bagian komentar di bawah ini.

0 komentar:

Poskan Komentar