Featured Posts

Rabu, 01 Mei 2013

Hiya-yakko dan Yu-dofu

Hiya-yakko dan Yu-dofu

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Hiya-yakko

・2 buah tahu besar

Taburan:
・1 mentimun kecil
・1 terung kecil
・1 paprika hijau
・1 ruas jahe (sekitar 2-3 cm)

Bumbu kuah:
・3 sendok makan kaldu dashi dingin (atau air)
・3 sendok makan kecap asin
・1 sendok teh gula

Yu-dofu

・2 buah tahu besar

Bahan pelengkap:
・¼ daun bawang (negi)
・1 ruas jahe (sekitar 2-3 cm)
・Parutan katsuo-bushi (ikan cakalang kering)

Kecap asin sebagai penyedap
Hiya-yakko dan Yu-dofu Hiya-yakko dan Yu-dofu Hiya-yakko dan Yu-dofu

Cara Memasak

  1. Hiya-yakko :
    Potong-potong tahu bentuk dadu ukuran 3 cm lalu tempatkan potongan tahu di dalam mangkuk berisi air dingin.
  2. Sambil menunggu tahu dingin, kita siapkan bahan taburannya. Potong-potong dadu mentimun, terung dan paprika hijau dengan ukuran sekitar 5 mm. Kupas jahe lalu cincang.
  3. Campur bahan-bahan bumbu kuah: kaldu dashi dingin atau air, kecap asin dan gula.
  4. Sesaat sebelum penyajian, tiriskan potongan tahu lalu tata di atas piring. Di atasnya beri potongan sayuran lalu tuang bumbu kuahnya.
  5. Yu-dofu :
    Potong tahu bentuk dadu ukuran 3-4 cm. Tempatkan di dalam gerabah/periuk tanah liat yang diisi cukup air hingga terendam lalu masak di atas api sedang. Kalau sudah mendidih, kecilkan api dan panaskan selama 1-2 menit lagi.
  6. Sementara tahu dimasak, siapkan bahan pelengkapnya. Iris halus daun bawang sementara jahenya dikupas lalu diparut.
  7. Kalau tahunya sudah panas merata, angkat potongan tahu ke atas piring atau mangkuk dengan sodet saringan atau garpu. Sajikan bersama kecap asin dan parutan katsuo-bushi, serta beri pelengkap parutan jahe dan irisan daun bawang.
Hidangan Tahu yang Beraneka Ragam
Tahu yang rasanya hambar dapat menghasilkan rasa dan tekstur berbeda tergantung cara pengolahannya. Di Jepang, tahu dimasak dan dimakan dalam berbagai cara. Biasanya dipotong-potong dadu dan dimasukkan ke dalam sup miso. Selain itu bisa juga dilapisi tepung kentang atau tepung terigu lalu digoreng kering dan disajikan bersama kaldu dashi sehingga menghasilkan Agedashi-dofu yang bertekstur kenyal.

Masakan ala Cina berbahan tahu juga populer. Mapo-doufu atau Mabo-dofu dalam bahasa Jepang mungkin adalah masakan Cina paling populer di Jepang. Daging cincang, cabai, andaliman dan doubanjiang (pasta pedas yang terbuat dari fermentasi kacang babi) digoreng bersama sebelum ditambahkan potongan tahu dan kaldu tulang ayam.

Hamburger tahu juga populer karena rasanya yang halus dan rendah kalori. Kita bisa membuat hamburger ala Jepang dengan mencampurkan daging cincang dan tahu yang dihaluskan lalu dibentuk menjadi bulatan roti hamburger.

0 komentar:

Poskan Komentar