Featured Posts

Rabu, 01 Mei 2013

Dashimaki tamago

Dashimaki tamago

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

・4 butir telur
・100 gram daikon (lobak putih) untuk hiasan
・3 sendok makan kaldu dashi
(cara membuat dashi bisa dilihat dalam resep Chawan mushi)
・1 sendok teh gula
・Sejumput garam
・1 sendok teh kecap asin
・Minyak sayur untuk mengoles penggorengan
Dashimaki tamago Dashimaki tamago Dashimaki tamago

Cara Memasak

  1. Sebelumnya kita membuat dashi terlebih dahulu. Didihkan 2 gelas air di panci lalu masukkan 6 gram katsuo bushi (parutan ikan cakalang). Aduk dan rebus di atas api kecil selama 1-2 menit. Kuahnya disaring menggunakan saringan halus.
  2. Pecahkan telur di dalam mangkuk, buang serat yang ada di sekitar kuning telur. Kocok menggunakan kocokan atau sumpit hingga tercampur rata. Masukkan 3 sendok makan kaldu dashi di mangkuk yang lain, lalu tambahkan gula, garam dan kecap asin. Aduk rata. Sedikit demi sedikit masukkan kaldu ke dalam kocokan telur, aduk rata setiap kali memasukkan kaldu. Telur yang dikocok dibagi menjadi 2 porsi yang sama untuk membuat dua dashimaki tamago.
  3. Panaskan penggorengan datar lalu masukkan sedikit minyak sayur dan ratakan hingga semua dasar penggorengan terolesi dengan baik. Pastikan apakah suhu penggorengan sudah pas dengan menjatuhkan setetes kocokan telur pada penggorengan. Kalau langsung mengembang dan mengeluarkan suara berdesis, berarti suhunya sudah tepat. Masukkan setengah bagian kocokan telur ke dalam penggorengan.
  4. Biarkan telur menyebar merata di dasar penggorengan dan aduk. Kalau telurnya mulai mengental, dan terlihat ada celah, angkat gagang penggorengan dan miringkan sehingga telurnya turun ke sisi lain penggorengan. Tahan sisi yang ada telurnya sehingga terpanaskan langsung di atas api. Kemudian lipat telurnya menggunakan spatula dan masak hingga matang. Sajikan dashimaki tamago yang sudah jadi bersama parutan lobak putih.
Masakan Telur
Dashimaki tamago yang dibumbui kaldu dashi adalah masakan favorit abadi di Jepang; kerap kali ada di bekal makan siang ala Jepang. Teksturnya tetap terasa lembut meskipun disajikan dingin. Tambahan cairan membuat tekstur telur yang dimasak menjadi lebih lembut. Untuk satu butir telur tambahkan sekitar 10 ml cairan dalam bentuk kaldu, air, susu dan lain sebagainya. Namun akan lebih sulit memasak telur yang telah ditambah cairan. Agar sukses memasaknya, pastikan suhu penggorengannya tepat. Cara memeriksa suhunya adalah dengan meneteskan sedikit kocokan telur ke dalam penggorengan. Kalau telurnya langsung mengembang dan timbul suara berdesis itu berarti suhunya sudah pas. Kalau tidak berdesis berarti suhunya terlalu rendah dan telurnya akan menempel di penggorengan. Ingatlah hal ini ketika Anda memasak telur dadar.

0 komentar:

Poskan Komentar