Featured Posts

Kamis, 23 Mei 2013

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Hingga Ribuan Pengunjung per Hari, Super Lengkap!

Okay, jadi pengunjung blog anda sangat sedikit dan blog anda sangat sepi. Dan sekarang anda ingin sekali untuk meningkatkan pengunjung blog anda.
Sayangnya, anda masih 100% bingung tentang cara meningkatkan traffic blog yang mudah dan efisien, padahal situs anda sangat butuh ratusan pengunjung tersebut agar anda bisa mulai mendapatkan uang dari blog atau situs anda…
meningkatkan pengunjung blog picture
cara meningkatkan pengunjung blog
Update: Jan 17 2013 Lebih dari 44.000 views sejak Mei 2012. Terima kasih kepada anda karena telah menjadi salah satunya… :D
Saya harus bilang kalau anda sangat beruntung sampai di halaman ini, karena hari ini saya ingin share guide super lengkap yang akan membantu anda untuk meningkatkan pengunjung blog atau situs atau toko online atau apapun yang anda miliki, hingga ratusan bahkan ribuan pengunjung per hari…
Hm, terdengar sangat keren bukan? Saya yakin anda pasti dengar banyak janji seperti ini, tapi ternyata informasi di dalamnya tidak bagus-bagus amat… Tapi tenang, di halaman ini, saya yakin anda tak akan kecewa.
Karena segera setelah anda mempraktekkan apa yang akan saya bagikan kepada anda, situs anda akan mendapatkan banyak sekali pengunjung, anda sampai bingung harus diapakan…
Okay, tanpa banyak bicara lagi, mari kita langsung ulas cara meningkatkan trafik blog dengan sangat cepat!

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Hingga Ratusan Pengunjung per Hari…

Cara yang bakal saya share di bawah ini, untuk mendapatkan pengunjung yang banyak ke blog anda, akan saya bagi menjadi dua bagian.
Yang pertama adalah cara gratis, cara yang tak membutuhkan biaya selain waktu dan tenaga, dan bersifat jangka panjang.
Dan yang kedua adalah cara berbayar, cara mendapatkan traffic yang cepat, efektif, efisien, dan bersifat jangka pendek, tapi menggunakan uang untuk dilaksanakan.
Mari kita mulai dengan cara yang gratis terlebih dahulu…

Cara Gratis dan Efektif untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Sebelumnya, saya ingin tanya satu hal kepada anda. Apa sih yang menyebabkan situs kita dikunjungi oleh orang?
Ada dua hal yang menyebabkan situs kita dikunjungi oleh orang:
  1. Jika anda terkenal, maka jika anda punya situs, situs anda akan dikunjungi oleh orang. (Contoh: Mario Teguh. Situsnya MarioTeguh.asia tidak muncul dimanapun ketika saya mengetikkan “Mario Teguh” di Google, tapi toh ya situsnya dikunjungi oleh RIBUAN hingga PULUHAN RIBU orang tiap harinya. Hal ini mungkin karena pak Mario sangat terkenal).
  2. Situs anda banyak di link oleh situs lain. Tentu saja… karena cara paling utama bagi pengunjung untuk sampai ke situs anda adalah melalui LINK. Bagaimana cara anda sampai ke artikel ini? Melalui link bukan? Entah anda meng-klik link di Google, atau link di Facebook, atau dimana kek, yang jelas adalah orang ‘bepergian’ di internet melalui link…
Jika anda sudah tahu dua hal itu, maka ide untuk mendapatkan trafik atau pengunjung untuk blog atau situs anda sebenarnya sangat SEDERHANA…
Perbanyak LINK menuju ke situs anda. Entah itu LINK dari search engine seperti Google, social media seperti Facebook dan Twitter, forum seperti KasKus, atau banyak situs lain di luar sana….
Dan itu adalah cara super simpel, tapi super powerful untuk mendapatkan trafik ke situs anda. Yuk kita bahas satu per satu…

Meningkatkan Traffic Website dengan SEO

meningkatkan trafik blog picture
Ini adalah salah satu cara termudah yang bisa anda lakukan. Mudah karena anda tidak harus bergantung pada situs lain (kecuali Google) untuk mendapatkan trafik.
Tapi di sisi lain, ini juga cara tersulit, karena banyak yang harus anda pelajari untuk memastikan bahwa situs anda ‘disayang’ Google, sehingga Google mau meletakkan situs anda di halaman pertama atau posisi pertama pada kata kunci (keyword) yang anda target.
Hm… bingung?
Okay, intinya adalah pelajari teknik SEO dasar dari video tutorial saya, saya yakin saya mengajarkan tentang SEO di sana.
Pelajari, dan praktekkan untuk situs anda.
Beberapa hal yang penting yang bisa anda langsung praktekkan:
  • Lakukan keyword research terlebih dahulu untuk mencari keyword dengan pencarian yang banyak, namun minim kompetisi, sehingga anda bisa ranking dengan mudah untuk keyword tersebut.
  • “Serang” keyword tersebut dengan melakukan optimasi halaman (on page SEO) yang ciamik seperti, letakkan keyword di Title Tag, URL, dan Meta Description, buat artikel super keren, lengkap, tertulis rapi, dan bermutu sehingga orang betah membacanya. *Ini SUPER penting…
  • Sertakan GAMBAR yang tidak hanya berfungsi untuk menarik perhatian pembaca, tapi juga alat optimasi dengan menambahkan keyword yang anda target pada Alt Tag dan nama file gambar tersebut.
  • Sertakan link keluar (outbound link) pada sumber terpercaya yang relevan dengan artikel yang anda tulis.
Dan yups, dengan melakukan EMPAT hal yang saya list di atas, anda sudah JAUH LEBIH BAIK dibanding 80% pesaing anda di luar sana…
Tapi ada kalanya bahwa 20% pesaing sisanya adalah pesaing yang paling berat. Terkadang tidak cukup dengan hanya On Page SEO, kita juga butuh Off Page SEO untuk menang persaingan di search engine…
Ini adalah beberapa yang bisa anda lakukan untuk membantu anda ranking lebih baik dan mengalahkan pesaing anda di search engine:
  • Berikan social backlink kepada artikel anda. Anda bisa lakukan hal ini dengan meng-share artikel anda sendiri di Facebook, meng-tweet nya di Twitter, membaginya di Google+, dan lain-lain…
  • Jika mungkin, buat video yang berkaitan dengan artikel anda, bikin YouTube channel anda sendiri, dan berikan link pada artikel anda di bagian deskripsi video.
  • Lakukan social bookmark dan social sharing pada artikel anda. Hal ini bisa anda lakukan dengan meng-share artikel anda di Digg.com, Delicious, StumbleUpon, dan Reddit.
  • Lakukan komentar blog di blog yang relevan, cari tulisan yang relevan dengan artikel anda, buat komentar yang bagus, sertakan link menuju ARTIKEL yang anda optimasi di form “Website”. Jika anda mau, anda juga bisa meletakkan link menuju ke blog anda alih-alih ke artikel anda. Tapi akan lebih bagus link menuju artikel anda jika halaman blog yang anda komentari sangat relevan dengan artikel yang sedang ingin anda optimasi. *Untuk yang satu ini, ingat untuk jangan melakukan spam, dan hanya masukkan keyword anda di kolom “Name” sebagai anchor text yang mengarah ke artikel anda jika pemilik blog mengijinkan.
  • Jadilah Blogger Tamu, yang memungkinkan anda untuk menulis artikel di blog orang, dengan balasan backlink menuju situs anda atau artikel milik anda yang relevan. Fokus pada blog dengan Page Rank tinggi. *Artikel mengenai penjelasan detail tentang Page Rank bisa anda baca di Wikipedia
  • Dan banyak lagi yang saya malas tulis di sini, anda saya ijinkan untuk berkreasi sesuka anda. Ingat, intinya perbanyak LINK menuju ke situs anda karena melalui LINK situs anda bisa dikunjungi. Dan pastikan link anda terletak di tempat yang sering di lihat orang.

Meningkatkan Pengunjung Situs dengan Cara Berbayar

Fiuh… yang saya baru saja jelaskan panjang lebar di atas adalah cara gratis yang super efektif untuk mendapatkan pengunjung yang tertarget dan meningkatkan traffic blog atau situs anda.
Sayangnya, meski SEO adalah teknik jangka panjang yang sangat baik untuk dilakukan, ada kalanya kita ingin mendapatkan trafik SEGERA. Sekarang juga…
Untuk itulah, saya juga sertakan cara mendapatkan banyak trafik dengan sangat cepat menggunakan media periklanan berbayar, dimana anda bisa mendapatkan ribuan pengunjung dalam sehari SECEPATNYA.
  • Pay Per Click Advertising: Secara sederhana mungkin bisa dianggap sebagai media periklanan online terpopuler di internet. Anda melihatnya di mana-mana, di Google dan jutaan Google Partner dengan Google Adwords, di banyak situs lokal dengan program PPC lokal seperti PPC Indo dan banyak lagi. Varian dari media periklanan ini juga amat banyak. Facebook juga menyediakan fasilitas PPC, dimana anda membayar untuk mendapatkan LIKE menuju halaman Fan Page anda. Sistem dari media periklanan ini adalah dimana anda membayar untuk tiap klik ke situs anda.
  • Banner Advertising: Media periklanan dimana anda membeli spot banner di situs populer. Banyak situs menyediakan jasa periklanan ini secara mandiri. Forum-forum besar di Indonesia (seperti KasKus), situs dan blog ramai di Indonesia menyediakan tipe periklanan seperti ini. Anda mendapatkan slot banner anda sendiri di situs terkenal dalam jangka waktu tertentu yang bisa anda pasang banner anda. Anda bisa memanfaatkan jaringan iklan seperti Google Adwords untuk melakukan tipe iklan macam ini pada eberapa blog kecil dengan trafik yang terlalu tinggi, yang tergabung dalam jaringan periklanan Google.
  • Pay Per Views (Miles) Advertising: Merupakan jenis periklanan internet dimana anda membayar per 1000 tayangan dari iklan anda. Juga merupakan jenis periklanan di internet dengan varian yang amat banyak. Yang populer adalah Google Adwords, Facebook Advertising, dan banyak lagi.
Yups, yang saya daftarkan di atas ini adalah kurang lebih beberapa jaringan periklanan di internet yang saya tahu.
Jika anda tahu yang lain, silahkan bagikan di kotak komentar, okay… :D

Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Trafik yang Tahan Lama…

Dan ingat, meski trafik yang banyak adalah hal yang penting dalam bisnis anda, ingat bahwa trafik BUKAN merupakan tujuan utama anda. Trafik yang banyak bagi situs atau blog anda merupakan CARA untuk meningkatkan dan memaksimalkan keuntungan anda (tergantung tipe situs yang anda buat dan bagaimana cara anda memonetisasi pengunjung anda).
Selalu ingat bahwa pengunjung adalah ORANG. Secara alami orang datang dan berkumpul untuk mencari hal yang bernilai bagi dirinya, yang memberikan nilai tambah bagi diri mereka, yang menghibur mereka, yang membuat mereka tertarik….
Itu alasan KONTEN dari blog anda merupakan elemen yang tak kalah KRUSIAL (bahkan blog SMA saya dulu bisa jadi cukup besar dengan trafik 300 pengunjung per hari hanya dengan KONTEN yang super duper POWERFUL — yang berguna bagi pembaca saya).
Di blog mas Eko, saya juga jelaskan bagaimana pengaruh konten terhadap bounce rate anda, dan bagaimana pengaruh bounce rate anda terhadap posisi anda di search engine. Baca artikel tamu dengan info super powerful saya tentang bounce rate di sini »
Elemen lain yang juga penting adalah DESAIN dari situs anda. Orang segera mengasosiasikan situs anda dengan desain dan kegunaan situs anda.
Desain yang profesional, navigasi yang tak membingungkan, dan kegunaan yang JELAS merupakan salah satu alasan pengunjung anda mau mengunjungi balik situs anda, atau malah pergi selamanya…

Tips Bonus Untuk Meningkatkan Traffic Blog atau Situs Anda…

  • Miliki YouTube channel, semakin terkenal anda, semakin banyak yang mengunjungi situs anda (ingat pernyataan saya tadi di atas).
  • Miliki Facebook Fan Page untuk situs anda.
  • Miliki Twitter akun untuk situs anda sendiri.
  • Miliki juga akun Google+ personal untuk diri anda, dan Google+ Business Page untuk situs anda.
  • Link situs anda dari sebanyak mungkin akun sosial yang anda miliki. Ingat, pengunjung datang dari link dan dari tempat dimana mereka mengenal anda.
  • Keuntungan bonus: Video YouTube dan Facebook Page saya banyak yang ranking di halaman Google untuk kata kunci yang saya incar. Semakin banyak spot di mesin pencari yang anda kuasai, semakin banyak kesempatan anda untuk dikenal lebih banyak orang, yang artinya semakin banyak pengunjung untuk situs anda.
Kesimpulan: LINK di sebanyak mungkin TEMPAT. Cara terbaik untuk mendapatkan banyak pengunjung adalah dengan membuat diri anda ADA dimana-mana…

Akhir Kata…

Dan… saya rasa anda sudah belajar banyak dari satu artikel ini. Suatu saat, saya akan buatkan tutorial video gratis super lengkap dimana anda bisa belajar lebih banyak tentang search engine optimization, salah satu elemen penting untuk mendapatkan banyak pengunjung ke situs anda.
Ingat, cara agar orang lain berkunjung ke situs anda adalah melalui LINK (saya tahu saya ucapkan hal ini berulang-ulang karena hal ini super penting).
Dan jika anda suka post ini, ingat untuk berkomentar di bawah, LIKE Facebook page saya, dan gabung newsletter saya dimana anda akan dapatkan banyak info yang tidak saya bagikan di blog saya. :D
Saya harap anda suka panduan ini. Salam senyum… :D

0 komentar:

Poskan Komentar