Featured Posts

Senin, 13 Mei 2013

Bisnis Online: Ngeblog Dapat Uang, Jawaban Bagi Pengangguran

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tips dan Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Gratis yang Sudah Terbukti
Status saya saat ini adalah pengangguran, karena sejak wisuda bulan Maret 2013 ane belum nyari kerja. Masih pingin santai dulu di Pasuruan, tempat kakakku. Keliatannya sih sehari-hari cuma makan tidur doang. Tapi sebenarnya boleh dibilang saya penganguran produktif..hihi.. Bisnis online lewat blog jawabannya!

Mencari uang dengan media online (menggunakan internet) memang merupakan suatu jenis bisnis yang menjanjikan. Bukan hal yang aneh jika banyak teman para blogger yang memiliki penghasilan ratusan atau bahkan sampai ribuan dollar dari blog yang mereka miliki. Bagaimana bisa ? Berikut saya akan coba memaparkan berbagai cara mendapatkan uang dari blog gratis yang sudah terbukti.

Sebelum kita masuk ke cara pertama, ada baiknya jika anda perhatikan beberapa syarat penting yang harus dipenuhi jika ingin mencari uang melalui blog anda :

1. Pastikan blog anda sudah memiliki cukup konten/artikel
2. Selain konten, blog juga harus memiliki traffik yang cukup tinggi (lebih bagus jika traffik berasal dari mesin pencari)
3. Blog haruslah memiliki Niche(topik) yang menarik contoh : Kesehatan, kecantikan, komputer, wanita, berita, dan masih banyak lainnya.
4. Blog anda terdaftar di search engine (Google, Bing, Yahoo)
5. Memiliki peringkat Alexa yang baik.

Jika syarat-syarat di atas sudah anda penuhi, maka sekarang tinggal bagaimana kita mengelola blog kita agar dapat menghasilkan uang. Lihat cara-cara di bawah !

1. Menggunakan Layanan Iklan PPC

PPC (Pay Per Click) atau CPC (Cost Per Click) adalah jenis model iklan yang prosesnya adalah anda akan dibayar ketika iklan yang anda tampilkan tersebut di klik oleh orang lain, dalam hal ini visitor blog anda.

A. Adsensecamp (PPC Lokal)

Adsensecamp juga merupakan layanan PPC Lokal yang tidak jauh berbeda dari Kliksaya. Adsensecamp sendiri memiliki kantor di daerah Jalan Perintis Yogyakarta. Berbeda dengan Kliksaya, harga yang dihasilkan dari klik Adsensecamp berkisar di Rp.300 .

Untuk mendaftar layanan PPC ini tidak dibutuhkan syarat yang berat. Bahkan saya pernah mencoba mendaftarkan sebuah blog baru dan berhasil di terima sebagai publisher mereka.

C. Kumpulblogger (PPC Lokal)

PPC lokal favorit ane. Ga banyak syarat. Minimal pembayaran Rp. 10.000,00. Bukti Pembayaran dari Kumpulblogger, PPC Lokal Terbaik untuk Pemula.

C. Google Adsense

Sebenarnya ada PPC lain yang saya ikuti yaitu Google Adsense. Tapi sampai saat ini belum dapat pembayaran karena pendapatan ane baru sampai US 70 sementara minimal PO US 100. Sejauh ini saya rasa layanan iklan PPC yang paling meyakinkan masih di pegang oleh satu nama yaitu Google Adsense. Hal tersebut dikarenakan Google Adsense memiliki level harga yang cukup tinggi untuk setiap kliknya. Kisaran klik untuk blog Indonesia bisa mencapai $0.3 - $0.5 dengan keyword tertentu.

Selain harga klik yang relatif lebih tinggi, iklan yang dimunculkan oleh Google Adsense terbilang cukup eksklusif. Banyak juga perusahaan dagang besar yang mengiklankan iklannya di Google Adsense. Itulah mengapa banyak blogger yang berminat untuk menjadi publisher mereka.

Dibalik segala kelebihannya, ternyata mendaftar Google Adsense terbilang cukup sulit. Tidak sedikit juga blogger Indonesia, termasuk saya yang pernah ditolak Google Adsense berkali-kali sampai akhirnya diterima. Banyak sekali persyaratan yang dibuat oleh mereka jika ingin menjadi publisher, yang intinya adalah sebagai berikut :
  • Blog anda haruslah memiliki cukup banyak konten/artikel
  • Artikel tidak boleh hasil copy paste (Google sangat tidak menyukai hal ini)
  • Blog anda haruslah memiliki Niche yang jelas
  • Konten artikel yang anda miliki tidak boleh mengandung unsur perjudian, pembajakan, pornografi, pelecehan SARA dan sejenisnya
Jika anda merasa sudah memenuhi kriteria tersebut, maka segera daftarkanlah blog anda ke Google Adsense dan segera terjun menjadi publisher mereka. 

2. Membuka Lapak Pemasangan Banner

Saya rasa cara ini paling favorit di lakukan oleh teman-teman blogger. Jika model PPC menggunakan pihak ketiga sebagai perantara, maka dengan model ini kita sendiri yang mengatur mulai dari peletakan iklan banner hingga masalah pembayaran.

Tapi untuk dapat menerapkan metode ini di blog, blog anda haruslah memiliki nilai jual terlebih dahulu. Bagaimana anda mengetahuinya ? Cara paling gampangnya cukup lihat dari jumlah visitor anda perhari dan ranking Alexa yang anda miliki. Visitor hitstat minimal 2000/hari atau jika menurut anda sudah mencukupi maka anda bisa memasang lapak banner. Contoh seperti ini : 

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Misal saja, untuk ukuran iklan baner 125 X 125 anda menyediakan 4 buah tempat dengan dikenakan biaya sebesar Rp.15.000 sebulan. Lalu anda juga membuat 3 slot iklan dengan ukuran 720 X 90 dengan biaya Rp.50.000 perbulan dan yang terakhir iklan ukuran 300 X 250 sebanyak 3 buah dengan biaya Rp. 40.000 per bulannya. Terakhir 2 slot baner melayang di bawah atau di samping blog dengan harga Rp.50.000per bulan. Bila dikalkulasikan maka dalam satu bulan anda akan mendapat Rp 460.000,00 perbulan dari satu blog. Lalu bagaimana kalo kita punya 4 blog. Maka perbulan paling tidak menghasilkan Rp. 1.800.000,00.

Penghasilan tersebut dapat menjadi lebih lagi seiring dengan perkembangan pengunjung blog anda. Jadi anda bisa mendapatkan penghasilan maksimal dari model ini.

Cara-cara di atas masih sedikit dari berbagai cara yang digunakan oleh rekan-rekan blogger lain dalam memonetisasi blognya. Sebenarnya masih banyak cara lain, hanya saja itu yang udah  ane buktikan menghasilkan uang dari blog gratis. Terima kasih telah membaca artikel Ngeblog Dapat Uang, Jawaban Bagi Pengangguran.

0 komentar:

Poskan Komentar