Featured Posts

Sabtu, 20 April 2013

Strategi Dan Teknik Berinvestasi

Sebelum berinvestasi ada banyak hal yang harus dipelajari, dipahami dan diwaspadai agar kita dalam berinvestasi dapat meminimalisir bila ada kesalahan ataupun kekeliruan, sehingga tidak membuat kita merugi dalam berinvestasi. Tujuan utama dari berinvestasi adalah mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
Berikut kesalahan yang harus dihindari dan diwaspadai ketika berinvestasi, diantaranya :

1. Tidak melakukan apa-apa. Walaupun anda sudah berinvestasi tidak ada yang dapat menjamin bahwa pasar akan naik atau turun. Namun yang pasti, jika anda tidak melakukan suatu hal atau tindakan, anda juga tidak akan mendapatkan masa pensiun yang menyenangkan.
2. Telat memulai. Telat untuk memulai merupakan kesalahan dalam berinvestasi. Karena semakin awal anda mulai, semakin baik masa depan anda.
3. Melunasi tagihan kartu kredit anda sebelum berinvestasi. Tak akan ada artinya bila investasi yang anda lakukan namun anda masih memiliki tagihan kartu kredit yang menumpuk, karena bunga kartu kredit kian hari kian bertambah mahal, sekitar 24-36 % p.a.
4. Jika anda ingin berinvestasi dalam jangka pendek. Pastikan terlebih dahulu anda sudah menyisihkan dana yang tidak anda campur adukan dengan keuangan lainnya setidaknya hingga 3-5 tahun ke depan.
5. Jika seorang investor muda, mayoritas investor melakukan investasi di pasar modal, karena memiliki cukup banyak waktu yang sangat panjang. Para investor muda mendapatkan banyak kesempatan untuk menganalisa setiap perkembangan yang terjadi di pasar modal dan mengambil keuntungan untuk jangka panjang. Walupun demikian sejalan dengan usia anda mungkin membutuhkan obligasi yang dapat memberikan pendapatan yang tetap. Hal ini dikarenakan saham harus mendapatkan porsi mayoritas.
6. Terlalu berspekulasi. Tidak semua jenis investasi cocok untuk setiap orang. Anda pasti akan mencoba mencari jenis investasi yang sesuai dengan kriteria psikologis investasi anda. Meskipun anda termasuk orang yang pemberani dalam berinvestasi, tidak seharusnya menempatkan semua dana pada satu titik saham yang sangat spekulatif.
7. Terlalu sering bertransaksi. Para investor yang suka melakukan trading sering terjebak dengan psikologis pasar sehingga berani menjual ketika harga menurun dan beli ketika harga sedang melonjak naik. Hal ini selain merugikan bagi anda dan dapat menambah biaya investasi, anda juga akan kehilangan keuntungan dalam jangka panjang.
Berikut ini ada beberapa upaya teknik strategi yang harus dilakukan oleh para investor dalam kegiatan berinvestasi saham :
a. Teknik Analisis
Yakni teknik yang memperhatikan dan menganalisa fluktuasi pada harga saham yang membentuk trend dengan melihatnya secara individu dan keseluruhan saham di pasar modal. Teknik ini memang menebak secara pasti pergerakan harga dengan tepat, dan teknik ini cukup membantu dalam mengambil keputusan.
b. Analisis Fundamental
Analisa fundamental yakni analisa yang dipengauhi oleh berbagai faktor yang saling berhubungan dengan saham yang kita pilih melalui analisis perusahaan, analisis industri dan analisis ekonomi dan pasar makro maupun mikro serta metode analisis lainnya guna mendukung analisa saham yang akan dipilih. Informasi mengenai analisis fundamental mudah didapat melalui media massa, media cetak, media elektronik, perusahaan sekuritas, ahli pasar modal dsb.
c. Strategi beli dan tahan
Terkadang ada saham dari suatu perusahaan yang saat ini kondisinya biasa-biasa saja, namun anda yakin bahwa suatu saat perusahaan tersebut akan berkembang pesat. Jika anda cukup yakin untuk menginvestasikan dana anda di perusahaan tersebut kemudian menyimpannya hingga beberapa waktu sampai menemukan waktu yang tepat untuk menjualnya kembali.
d. Index Funds / Dana Indeks
Indeks adalah gabungan dari beberapa dana segar dan dana pensiun yang merupakan gabungan dari indeks pada pasar modal. Dari informasi indeks yang ada, anda dapat memilih investasi mana yang di masa akan datang dapat memberikan profit/keuntungan dan menghindari loss/kerugian yang mungkin dapat terjadi pada invetasi anda.

0 komentar:

Poskan Komentar