Featured Posts

Rabu, 06 Februari 2013

Tahap Awal Menggunakan Account Google Adwords

Tahap ini merupakan lanjutan setelah membuat account google adwords (baca cara membuat account google adwords)
Secara garis besar tahapan menggunakan google adwords awal adalah seperti tercantum pada gambar dibawah, yaitu menentukan biaya, membuat iklan, memilih keyword dan memasukan informasi tagihan. Sebelum selesai melakukan semua tahapan tersebut account google adwords belum dapat melakukan fungsinya dengan baik. Tampilan ini akan muncul ketika belum dilakukan setting campaign.
Silahkan klik tombol Create your first campaign untuk melanjutkan.
Google Adwords - Create First Campaign

1. Membuat campaign google adwords


Campaign merupakan data utama dalam pembuatan iklan google adwords, dengan campaign kita dapat menentukan :
  • Setingan campaign seperti nama campaign, lokasi negara target iklan, bahasa iklan, target network iklan seperti desktop search / mobile network search dan biaya iklan.
  • Membuat Iklan & Keyword sesuai kebutuhan
  • Menentukan setingan lainnya seperti otomatisasi iklan, dll.

Campaign bisa dibuat lebih dari satu sesuai kebutuhan dan biaya. Makin banyak campaign makin banyak juga biaya yang harus dikeluarkan.
Yang terpenting dalam mengisi form campaign adalah menentukan budget harian di tab Bidding and Budget. Setelah selesai silahkan lanjutkan dengan menekan tombol Save and Continue.
Google Adwords - Create Campaign

Google Adwords - Create Campaign Budget

2. Membuat iklan/ad dan keywords


Dalam menentukan konten dan keyword iklan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah biaya,  makin bagus konten iklan otomatis harga iklannya juga lebih mahal. Konten iklan yang bagus antara lain mudah dimengerti, simple (sedikit kata bisa mewakili seluruh maksud), gunakan kata yang sering orang cari.
Beberapa jenis iklan yang bisa dibuat pada form ini antara lain text ad, image ad, display ad builder dan wap mobile ad.
Contoh pada gambar dibawah adalah pembuatan iklan text. Setelah seluruh komponen iklan seperti headline, description line 1 & 2 dan display URL terisi, bisa dilihat secara otomatis preview-nya disebelah kanan.
Google Adwords - Create Ad

Dalam menentukan keyword, baiknya gunakan keyword yang sering orang cari, makin banyak keyword makin sering iklan muncul, makin bagus keyword biasanya makin mahal juga biayanya.
Setelah keyword selesai ditentukan, selahkan klik tombol Save and Continue to Billing.
Google Adwords - Create Keywords

3. Menentukan billing profile.


Billing profile dimaksud adalah hanya memasukan data nama dan alamat tagihan dan belum terkoneksi dengan account pembayaran seperti account bank atau kartu kredit. Setelah selesai silahkan lanjutkan dengan menekan tombol Continue.
Google Adwords - Set Billing Profile

Selanjutnya adalah menentukan cara pembayaran (How to pay), secara default tampilan yang muncul adalah menuju ke Automatic payments, silahkan ubah ke Manual payment apabila ingin memasukan informasi account kartu kredit belakangan. 
Perlu diketahui apabila sukses memasukan kartu kredit, selama tidak melakukan transaksi, kartu kredit tidak akan dikenakan biaya apapun.
Apabila selesai, silahkan lanjutkan dengan menekan tombol Continue.
Google Adwords - Billing Settings

Google Adwords - TOC
Untuk mempercepat proses, pada gambar diatas conreng saja Yes, i agree to the above Terms and Conditions. Terdapat juga catatan bahwa akan dikenakan biaya aktivasi sebesar Rp. 50.000 pada pembayaran pertama. (Jika melakukan pembayaran pertama)
Setelah tombol Submit and activate my account di klik, tampilan seperti gambar dibawah akan muncul dan menandai berakhirnya tahap awal setting google adwords.
Pada gambar dijelaskan Iklan tidak akan running sebelum melakukan pembayaran pertama, untuk melakukan pembayaran pertama akan ditanya informasi account kartu kredit.
Atau jika mempunya coupon adwords silahkan gunakan coupon tersebut. Artikel dapat dibaca di Cara menggunakan coupon google adwords.

Klik Go to campaign jika ingin memastikan settingan sebelumnya.
Google Adwords - Setup Billing Complete

0 komentar:

Poskan Komentar