Featured Posts

Senin, 28 Januari 2013

10 Cara Menjadi Blogger Profesional

Blogger sukses atau blogger gembel? Berpulang kembali kepada kamu. Kalau saya, bos!, ingin jadi yang sukses. Tentu saja gak cukup dengan doa. Kerja keras, mental tangguh dan belajar jadi modal yang harus ada di dalam kepala dan hati. Blogger profesional Budi Putra menulis ulang kiat dari Jeremy Wright untuk jadi blogger sukses. 10 tips itu silakan disantap, bos!
1. Ungkap Jati Diri Anda
 Mampu mengenali diri dan audiens sendiri adalah aspek yang sangat penting menuju sukses dalam ngeblog. Identifikasi diri Anda sebagai blogger, paparkan Anda mau ngeblog tentang apa, siapa audiens yang Anda harapkan. Hindarkan jadi anonim, atau menyamar-nyamarkan identitas Anda karena tidak ada gunanya.
2. Ngebloglah dengan Cinta
 Jika Anda tidak bisa menimati apa yang sedang Anda blog-kan, tentu sulit mengatakan Anda mencintai aktivitas ini. Cinta — atau gairah — akan datang dari kegiatan menulis posting dan keterkaitan dengan puluhan dan ratusan pembaca blogosfer lainnya.
3. Seringlah Menulis
 Rajin dan tekun menulis bukan saja bagus buat blog, tapi sungguh-sungguh sebuah syarat utama untuk sukses. Jika Anda malas menulis (dan mempostingnya) berarti Anda sedang mengebiri potensi blog Anda sendiri. Ketekunan memperbarui blog akan mendapat dua berkah sekaligus: “pesona” mesin pencari dan pembaca yang berburu content terbaru.
4. Rajin Ngelink
 Links atau pranala adalah “mata uang blogosfer” (currency of the blogosphere). Sebagian besar blogger ngelink untuk satu atau dua alasan: tertarik pada topik yang dia link atau menaruh respek pada blogger yang dia link. Imbalannya, sejumlah blogger kawakan mengaku, ia sering menemukan blog baru setelah mereka bikin link ke blognya.
5. Tulis Komentar di Blog Lain
 Menciptakan komunitas adalah kunci sukses ngeblog –baik di tingkat bisnis maupun personal. Dengan meninggalkan komentar di blog-blog dalam komunitas yang Anda minati, berarti Anda mengirimkan pesan kepada blogger dan pembaca lain bahwa blog Anda layak dilongok.
6. Bersenang-senang
 Ngeblog artinya bersenang-senang. Ya, blog adalah “bisnis serius” yang tak harus ditangani secara kaku dan dingin. Cobalah hal-hal baru, buatlah link ke situs atau blog yang ringan dan menarik.
7. Jangan Takut Bereksperimen
 Salah satu tantangan dari ngeblog bahwa ini adalah dunia yang baru. Sepanjang masih relevan dengan bidang yang Anda minati (dan karenanya Anda ngeblog tentang itu) dan terkait dengan kegiatan atau dunia blog itu sendiri, cobalah hal-hal yang tak biasa: peranti lunak, aplikasi atau apa saja yang bisa Anda tampilkan di blog. Jangan takut salah. Cobalah podcast, videoblog, pernik-pernik terkait blog, social networking atau apapun.

8. Gunakan Ping Pinging adalah sesuatu yang dilakukan peranti lunak blog Anda untuk memberitahu sejumlah layanan bahwa Anda baru saja mengirimkan posting baru. Silahkan coba layanan Ping-O-Matic bikinan WordPress.
9. Gunakan Feeds
 Feeds memungkinkan pembaca blog bisa dengan cepat menyedot posting-posting terbaru ke RSS reader mereka. Feed, yang sudah disediakan otomatis oleh penyedia layanan blog, terasa sekali gunanya kalau kita sedang travelling atau sedang sibuk sehingga tak punya banyak waktu buat blogwalking atau browsing.
10. Bikin Judul Bermakna
 Judul adalah salah satu esensi yang bisa mendorong kesuksesan ngeblog. Judul yang baik berarti mesin pencari akan menemukan Anda dan menghadiahi Anda limpahan traffic. Setiap judul posting harus bisa meyakinkan pembaca untuk membaca keseluruhan isi posting. Judul “Busana Paris Hilton” misalnya, agak kurang bermakna dibanding “Paris Hilton Dinobatkan Berbusana Terburuk”. Jadi, jangan anggap enteng judul posting!

0 komentar:

Poskan Komentar